Sunday, October 7, 2012

Organisasi,Manajemen,Tata Kerja,Kaitan Ketiganya,& dll...

Organisasi,Manajemen,Tata Kerja,merupakan kata - kata yang tidak asing kita dengar sehari hari. Bahkan mungkin hampir setiap saat kita selalu mendengar kata tersebut,entah ketika berada di area perbincangan dengan teman atau dari media informasi seperti Koran,tv,dll…

Sebenarnya apa sih organisasi itu ???, Sebenarnya apa sih manajemen itu ???, Sebenarnya apa sih tata kerja itu ???. Itu mungkin yang jarang kita pertanyakan ke diri kita sendiri,oleh karena itu saya akan menjelaskan sedikit tentang  apa itu Organisasi,Manajemen,Tata Kerja,Kaitan Ketiganya,& dll…


A.    Organisasi

Organisasi diambil dari bahasa yunani yaitu organon yang berarti alat. Sedangkan secara sederhana organisasi dapat diartikan sebagai suatu kelompok orang dalam satu wadah untuk tujuan bersama.

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya, sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Sedangkan menurut beberapa ahli,ada beberapa pengertian tentang organisasi yaitu :   
            - Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
        - James D Mooney mengatakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama
        - Chester I Bernard mempunyai pendapat bahwa organisasi adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
        - Stephen P Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entitas) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Jadi menurut kesimpulan saya berdasarkan pendapat diatas,Organisasi adalah suatu kelompok yang dimana didalamnya terdapat sekumpulan manusia yang memiliki visi dan misi yang sama dalam mewujudkan tujuan bersama…


B.    Manajemen

Manajemen diambil dari bahasa perancis kuno yaitu ménagement yang berarti “seni melaksanakan dan mengatur”,tapi ternyata perancis juga mendapatkan referensi kata tersebut dari bahasa Italia yaitu maneggiare yang berarti mengendalikan.

Dan lagi – lagi saya harus mengutip perkataan beberapa ahli mengenai pengertian manajemen,yaitu :
-    Mary Parker Follet mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi
-    Ricky W. Griffin mendeskripsikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal
Berdasarkan pendapat diatas saya berkesimpulan bahwa manajemen adalah suatu cara dalam menyelesaikan suatu masalah dengan cara yang terorganisir dan terencana dengan baik…


C.    Tata Kerja

Tata Kerja,saya sendiri agak kesulitan ketika mencari definisi kata yang satu ini,karna saya tidak bisa mendapatkan penjelasan pengertian yang pasti. Bahkan saya tidak bisa menemukan pendapat dari para ahli mengenai arti dari tata kerja. Jadi kemungkinan jika saya berhasil mengemukakan arti dari tata kerja,nama saya akan tercatat sebagai ahli yang mengemukakan arti tentang tata kerja…

Tapi yang berhasil saya temukan merupakan pengartian dari tata kerja,namun secara umum alias tidak ada kejelasan siapa yang mengemukakan arti tersebut,berikut pengertiannya :
-    Tata kerja adalah pembentukan sebuah strutur kerja yang disusun dengan membentuk badan utama yang bertugas membuat skat-skat bagian dari sebuah organisasi atau anggota kelompok.
-    Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat.

Jadi menurut dua pengertian diatas saya mengambil kesimpulan. Tata kerja merupakan suatu cara dalam bekerja,dimana dengan adanya tata kerja suatu pekerjaan dapat dikerjakan dengan efisien dan efektif…


D.    Hubungan Organisasi Dengan Manajemen

Nah kira – kira apa hubungan antara dua hal diatas,setelah saya telaah dengan seksama ternyata dua hal tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain. Kenapa saya bisa berkata seperti itu,karena ternyata sebuah organisasi tidak akan bisa berjalan dengan baik jika tidak memiliki manajemen yang baik…

E.    Hubungan Manajemen Dengan Tata Kerja

Sekarang saya akan mengemukakan pendapat tentang hubungan dua hal diatas. Menurut hemat saya dua hal diatas memiliki hubungan yang sangat erat,mengapa ? karena sebuah sistem manajemen yang baik dapat berjalan dengan baik apabila memiliki tata kerja yang baik juga…

F.    Hubungan Organisasi Dengan Tata Kerja

Sebenarnya saya agak malas menjelaskan tentang dua hal diatas,karena jika anda semua menyimak seluruh penjelasan saya dengan baik maka pasti akan ketemu apa hubungan dua hal diatas. Tapi berhubung tugas mengharuskan saya menjelaskan,ya mau gak mau saya jelaskan. Jika kita runut dengan sekasama maka akan ketemu logika seperti ini,Organisasi <> Manajemen dan Manajemen <> Tata Kerja. Berarti hubungan antara organisasi dengan tata kerja adalah untuk membuat dua hal tersebut berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan,walaupun hubungan tersebut terjalin dengan cara tidak langsung…

G.    Mengapa Organisasi Sangat Penting Bagi Mahasiswa Jurusan SI

Sebenarnya organisasi sangat penting bagi mahasiswa,bukan Cuma mahasiswa jurusan SI. Mengapa ? karena organisasi sudah menjadi bagian kehidupan di masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Karena itu sangat penting buat kita untuk mempelajari apa itu organisasi dan makna dibaliknya…

Tapi jika saya tidak ingin berorganisasi,buat apa saya mempelajari hal tersebut ?,mungkin sekarang kamu memang tidak sedang ingin berorganisasi,tapi di masa depan pasti kamu akan bergabung dalam suatu organisasi. Mengapa saya bisa berkata seperti itu,karena ketika kita sudah lulus kuliah kita pasti akan bekerja,baik bekerja untuk orang maupun membuat lapangan pekerjaan sendiri. Nah ketika kita sudah berkecimpung dalam dunia kerja,otomatis kita sudah berorganisasi baik secara sadar maupun tidak sadar. Oleh karena itu jika sekarang kita tidak mempelajari tentang organisasi,dimasa depan kita akan mengalami kesulitan dalam berorganisasi. Walaupun seiring berjalannya waktu pasti kita akan bisa menyelesaikan masalah tersebut…

Jadi tidak ada salahnya kan untuk kita sekarang belajar tentang apa itu organisasi,karena pasti akan dimasa depan akan bermanfaat buat diri kita sendiri…

H.    Kesimpulan

Baiklah akhirnya kita sudah sampai di penutup tulisan ini,karena pasti kalian sudah menantikan kapan tulisan ini akan berakhir… hehehehe

Kesimpulan yang bisa saya ambil dari tulisan saya sendiri mengenai Organisasi,Manajemen,Tata Kerja,&kaitan semuanya. Adalah bahwa ketiga hal tersebut merupakan suatu satu kesatuan yang tidak bisa dilepaskan satu sama lain,apabila ada salah satu unsur yang hilang maka bisa dipastikan akan terjadi ketimpangan…

I.    Penutup

Baiklah sekian tulisan saya mengenai hal – hal diatas,terima kasih atas kesudian anda semua karena bersedia membaca tulisan saya…

Maaf apabila ada kata – kata yang sulit dimengerti atau aneh,karena saya juga masih dalam proses belajar menulis,semoga kedepannya tulisan saya bisa semakin bagus…

Akhir kata sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya…


Andi R Wibowo


Sumber – sumber referensi :

-    http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
-    http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen
-    http://wahyu410.wordpress.com/2011/03/28/pengertian-tata-kerja-organisasi/
-    http://mane3x.wordpress.com/2011/10/13/hubungan-antara-manajemen-organisasi-dan-tata-kerja/
-    http://kreasifathan.blogspot.com/2012/09/pentingkah-organisasi-bagi-mahasiswa.html

No comments:

Post a Comment